Bahas Tuntas Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya - Motherboard, CPU, Router, Repeater, Processor, Printer, Mouse, Keyboard, Monitor, Kabel USB

Selasa, 12 Desember 2017

Pengertian RAM dan Fungsinya Lengkap

Pengertian RAM dan Fungsinya Lengkap - Ram fungsi pada komputer ini juga dilengkapi dengan jenis RAM yang bisa Anda baca di artikel ini. RAM berasal dari akronim Random Access Memory, RAM adalah memori dimana penyimpanan data sementara, saat komputer dijalankan dan bisa diakses secara acak (acak).

Fungsi RAM adalah mempercepat pemrosesan data pada PC atau komputer. Semakin besar RAM yang Anda miliki semakin cepat komputer. RAM bisa mempercepat performa komputer, karena RAM menyediakan ruang penyimpanan sementara untuk komputer.

Dalam menyimpan data yang mudah diambil sehingga bisa mempercepat loading data serta program yang diakses.

Bentuk fisik RAM pada PC ibarat rangkaian elektronik seperti sebuah chip. Untuk memasang RAM ke PC adalah dengan memasukkan ke dalam slot RAM pada motherboard, Jenis slot RAM juga bervariasi tergantung dari jenis RAM.

Baca juga: Pengertian Motherboard dan Fungsinya

Pengertian RAM dan Fungsinya

Pengertian RAM dan Fungsinya Lengkap
Pengertian RAM dan Fungsinya Lengkap

RAM singkatan dari Random Access Memory. Pada prinsipnya, definisi RAM dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu area input faset, area program, area kerja, dan area output. Bila dilihat dari segi input area, RAM bisa diartikan sebagai media penyimpanan data masukan yang akan diolah.

Kemudian, bila dilihat dari segi program daerah, RAM dapat didefinisikan sebagai media untuk menyimpan program yang akan digunakan untuk mengolah data. Dalam hal area kerja, RAM bisa diartikan sebagai media untuk menyimpan pengolahan data yang akan dilakukan.

Dan, jika dari segi output area, RAM adalah media untuk menyimpan semua hasil pengolahan data. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengertian RAM adalah media untuk menyimpan data dan instruksi dari program komputer.

RAM singkatan dari Random Access Memory. Pada prinsipnya, pengertian RAM dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu area input faset, area program, area kerja, dan area output.

Bila dilihat dari segi input area, RAM bisa diartikan sebagai media untuk menyimpan data masukan yang akan diolah.

Kemudian, bila dilihat dari segi program daerah, RAM dapat didefinisikan sebagai media untuk menyimpan program yang akan digunakan untuk mengolah data.

Dalam hal area kerja, RAM bisa diartikan sebagai media untuk menyimpan pengolahan data yang akan dilakukan. Dan, jika dari segi output area, RAM adalah media untuk menyimpan semua hasil pengolahan data.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengertian RAM adalah media untuk menyimpan data dan instruksi dari program komputer.

RAM terdiri dari satu set chip, dan chip ini mampu menampung:

Data untuk diproses
Instruksi atau program untuk mengolah data
Data yang telah diproses dan menunggu dikirim ke perangkat output, secondary storage atau juga perangkat komunikasi
Instruksi sistem operasi yang mengendalikan fungsi dasar suatu sistem komputer

Struktur RAM terbagi menjadi 4 bagian, yaitu:
Penyimpanan input
digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui perangkat input

Program penyimpanan
digunakan untuk menyimpan semua instruksi program yang akan diproses

Penyimpanan kerja
digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahannya

Output storage
digunakan untuk mengakomodasi hasil akhir pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

RAM memiliki kemampuan untuk mengecek dari data yang tersimpan, disebut istilah parity check. Bila data hilang atau rusak, bisa diketahui dari bit tambahan yang disebut bit paritas atau bit cek.

Karena itu, dalam topik pemahaman RAM ini, Paseban menambahkan beberapa terminologi yang biasa digunakan dalam pembahasan RAM:

Bit, yaitu sistem penomoran biner yang mewakili satuan data terkecil dalam suatu sistem komputer. Sedikit terdiri dari hanya dua angka 1 dan 0. Di komputer, angka 0 berarti sinyal elektronik atau magnet tidak ada atau tidak ada, sementara 1 berarti sebaliknya.

Byte, yang merupakan kelompok delapan bit. Bita mewakili satu karakter, satu digit atau satu nilai. Kapasitas memori komputer, atau RAM, dinyatakan dalam byte atau batch byte.

Sebagai contoh, 1 byte memori dalam RAM terdiri dari 8 bit, karena bit paritas digunakan bit tambahan, jadi menjadi 9 bit.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian RAM dan Fungsinya Lengkap

0 komentar:

Posting Komentar