Bahas Tuntas Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya - Motherboard, CPU, Router, Repeater, Processor, Printer, Mouse, Keyboard, Monitor, Kabel USB

Selasa, 12 Desember 2017

Pengertian DDR RAM dan Fungsinya

Pengertian DDR RAM dan Fungsinya - Double-Data-Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory, yang lebih dikenal dengan DDR SDRAM atau RAM DDR yang disingkat, adalah jenis memori komputer yang sangat cepat.

DDR RAM didasarkan pada arsitektur yang sama seperti SDRAM, namun menggunakan sinyal clock yang berbeda untuk mentransfer data lebih cepat dua kali dalam jumlah waktu yang sama.

Pengertian DDR RAM dan Fungsinya
Pengertian DDR RAM dan Fungsinya

Dalam sistem komputer, sinyal clock adalah frekuensi osilasi yang digunakan untuk mengkoordinasikan interaksi antara rangkaian digital, secara sederhana, sinkronisasi dan komunikasi. Sirkuit digital ini dirancang untuk beroperasi pada sinyal clock yang dapat merespons sinyal atas atau bawah.

Baca juga: Perbedaan RAM dan ROM

Chip memori SDRAM hanya memanfaatkan sisi sinyal yang muncul untuk transfer data, sedangkan RAM DDR mentransfer data pada kedua sisi atas dan bawah sinyal clock.

Oleh karena itu, RAM DDR pada dasarnya dua kali lebih cepat dari SDRAM. Kecepatan RAM bekerja sama dengan bus front (FSB) dari sebuah sistem komputer.

FSB adalah data saluran dua arah yang mengirimkan informasi dari central processing unit (CPU) ke semua motherboard untuk berbagai komponen, termasuk RAM, chip BIOS, hard drive dan slot PCI.

Oleh karena itu, sistem komputer dengan FSB 133 MHz menjalankan DDR SDRAM yang pada dasarnya akan tampil seperti mesin 266 MHz.

RAM DDR terdiri dari modul memori in-line 184-pin dual-dual (DIMM) yang hanya bekerja dengan baik di motherboard yang dirancang sesuai dengan kondisi di atas.

DDR Karena RAM DDR hadir dalam berbagai kecepatan, memasang versi motherboard yang lebih cepat yang tidak support adalah buang-buang uang. RAM DDR hanya akan berjalan secepat mungkin jika motherboard mendukung.

DDR RAM secara visual berbeda dari SDRAM dimana SDRAM adalah DIMM 168-pin dengan indentasi ganda di bagian bawah sepanjang pin -hanya satu tingkat di luar pusat, dan sisi lainnya. 184-pin DDR SDRAM memiliki single off-center notch.

RAM DDR biasanya dibuat untuk prosesor 1 GHz atau lebih cepat. Debuts seperti PC1600 DDR SDRAM dan DDR SDRAM PC2100 bertepatan dengan kecepatan FSB dan CPU tertentu yang dibutuhkan pada CPU.

AMD dan Intel menggunakan skema yang berbeda untuk menunjukkan kecepatan prosesor, dan berbagai penetapan standar teknis dan standar dapat membingungkan.

www.google.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian DDR RAM dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar