Bahas Tuntas Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya - Motherboard, CPU, Router, Repeater, Processor, Printer, Mouse, Keyboard, Monitor, Kabel USB

Selasa, 12 Desember 2017

Jenis Jenis RAM dan Gambarnya

Jenis Jenis RAM dan Gambarnya - Saat ini ada banyak sekali jenis RAM dengan kapasitas data dan kecepatan akses yang berbeda. Mulai dari nama DRAM, SDRAM, RDRAM, SRAM, EDORAM, RAM DRAM FPM, dan lainnya.

Pengertian RAM itu sendiri merupakan komponen komputer yang berfungsi sebagai ruang penyimpanan sementara saat digunakan.

RAM sementara, ini berarti setelah komputer mati, RAM akan kembali kosong dan diisi dengan data baru yang dibutuhkan saat komputer digunakan kembali. Yang menarik, isi RAM bisa diakses secara acak atau acak sehingga RAM lebih cepat dari hard disk atau media penyimpanan lainnya.

RAM itu sendiri memiliki fungsi yang cukup vital dalam perangkat komputer. Fungsi komputer dari Tak heran, semakin banyak RAM yang terpasang, semakin cepat komputer bekerja.

Selain itu, RAM juga berfungsi sebagai media penyimpanan saat komputer atau laptop dalam keadaan hidup.

Misalnya saat Anda mengetikkan dokumen di Microsoft Word, maka Anda menutupnya tanpa menunggu dulu, dokumen yang Anda ketik akan disimpan di memori RAM. Jadi, Anda bisa membuka dokumen tersebut melalui sejarah terakhir Microsoft Word tadi.

Jenis Jenis RAM dan Gambarnya
Jenis Jenis RAM dan Gambarnya

Berikut adalah jenis RAM dan fungsinya yang ditandai dengan karakteristik yang harus Anda ketahui.

DRAM
RAM jenis ini adalah memori semikonduktor yang membutuhkan sebagai pondasi untuk data yang terkandung di dalamnya. RAM ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari RAM EDO. Namun, itu lebih rendah dari SRAM.

DRAM menggunakan satu transistor dan kapasitor per bit dalam strukturnya. Hal ini membuat RAM ini memiliki kerapatan cukup tinggi. DRAM memiliki frekuensi kerja yang bervariasi antara 4,7 Mhz sampai 40 Mhz.

SDRAM
SDRAM menjadi RAM yang memiliki kecepatan cukup tinggi dibandingkan dengan jenis RAM lainnya yang kecepatannya mencapai 100 - 133 Mhz. RAM banyak digunakan pada tahun 1996 sampai 2003 dan merupakan jenis RAM yang memiliki 168 kanal pin transfer data.

Fitur RAM ini ada dua slot di bagian kaki. RAM ini akan ditempatkan pada slot DIMM / SDRAM pada motherboard yang bisa menampung memori dari 16 MB sampai 1GB.

RDRAM
Komponen ini diperkenalkan pada tahun 1995 dengan kecepatan 600 Mbytes / sec. Pada tahun 1997, kecepatan RDRAM meningkat menjadi 700 MBps, dan pada tahun 1998 menjadi 1,6 GBps.

Tak heran, RAM ini diilustrasikan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4 atau untuk perangkat game. Slot memori untuk RDRAM adalah 184 pin.

SRAM (Random Random Shuffled Memory)
RAM jenis ini terbuat dari sejenis semi konduktor yang tidak memerlukan tenaga dan tidak memerlukan penyegaran secara bergantian untuk performa lebih cepat. Memang komponen ini hanya menggunakan transistor tanpa kapasitor.

SRAM dirancang menggunakan desain cluster enam transistor untuk menyimpan setiap bit informasi.

Sayangnya, SRAM memiliki kekurangan produksi yang mahal. Tak heran, RAM ini hanya tersedia dalam kapasitas kecil dan digunakan untuk bagian yang sangat penting. Chip ini sering digunakan untuk memory chace. Kecepatan SRAM mampu mengimbangi kecepatan prosesor 500 MHz atau lebih.

EDORAM
RAM dikembangkan pada tahun 1995 dan memiliki kemampuan lebih cepat untuk membaca dan mentransfer data dengan jenis RAM lainnya. Slot memori untuk EDORAM memiliki 72 pin. Bentuk komponen ini lebih panjang dari RAM SIMM.

Tak heran RAM ini sangat cocok untuk dipasang di semua komputer Pentium. Selain itu, komponen ini juga cocok untuk dipasang di komputer dengan bus mencapai 66 Mhz.

FPM DRAM
RAM jenis ini adalah bentuk asli atau bentuk awal dari DRAM. Kecepatan transfer maksimum untuk cache L2 adalah sekitar 176 MB per detik. FPM bekerja pada rentang frekuensi 16 MHz sampai 66 MHz dengan waktu akses hingga 50ns.

Flash RAM
Flash RAM adalah jenis memori berkapasitas rendah yang digunakan pada perangkat elektronik seperti TV, VCR, hingga ponsel lama. Momori ini dipasang pada perangkat yang membutuhkan penyegaran dengan sedikit tenaga.

VGRAM (Memory Memory Video Memory Access)
VGRAM biasanya digunakan untuk menyimpan konten piksel untuk pemaparan grafis. Penggunaan chip ini akan memberikan kinerja video yang bagus dan efisien pada CPU.

DDR SDRAM
RAM jenis ini menjadi salah satu yang memiliki kecepatan RAM yang sangat tinggi ini. Tak heran, RAM ini digunakan di berbagai perangkat saat ini.

RAM ini mampu menjalankan dua proses sekaligus dalam satuan waktu yang sama. Memori ini memiliki 184 pin. RAM jenis ini juga mengkonsumsi daya lebih sedikit.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jenis Jenis RAM dan Gambarnya

0 komentar:

Posting Komentar