Bahas Tuntas Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya - Motherboard, CPU, Router, Repeater, Processor, Printer, Mouse, Keyboard, Monitor, Kabel USB

Selasa, 12 Desember 2017

Jenis Jenis LAN Card beserta Gambarnya

Jenis Jenis LAN Card beserta Gambarnya - Saat ini, teknologi informasi telah berkembang sangat pesat. Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat ditunjukkan oleh munculnya berbabagi jenis komputer, entah itu komputer dengan barang pribadi seperti PC, laptop dan notebook.

Jenis komputer bersama dalam bentuk chip tertanam di mesin, untuk membantu performa mesin menjadi lebih baik lagi. Berbicara tentang sistem komputer, komputer memiliki banyak bagian yang harus diperhatikan dalam perakitan, karena jika terjadi kesalahan, maka komputer tidak akan berjalan dengan baik.

Salah satu bagian atau bagian yang memiliki peran sangat penting dalam meningkatkan dan juga mengoptimalkan fungsi jaringan komputer adalah kartu LAN. LAN atau Local Area Network adalah jaringan tak terlihat, yang memiliki radius lokal, yang biasanya mencakup satu rumah, kantor, sekolah atau ruangan tertentu.

Kartu LAN itu sendiri memiliki bentuk seperti soket untuk jaringan telepon kabel, namun memiliki jumlah pin yang lebih banyak, dengan bentuknya cenderung lebih datar.

1. Kartu LAN ISA

Tipe ini merupakan kali pertama di produksi oleh perusahaan kartu jaringan dengan karakteristik slot hitamnya dan antara satu sampai dengan 3, konektor outpunya bisa BNC dan RJ45.
mereknya: 3com, Realtake, intel, dll.

2. LAN PCI
Tipe ini merupakan kelanjutan dan bahkan penerus generasi ISA Tipe, jenis ini mulai diproduksi pada tahun 1992 sampai sekarang, dan digunakan pada motherboard dari Pentium 1 sampai sekarang, namun motherboard yang berbeda memiliki jumlah slot yang panjang lebih banyak atau kurang.

Jenis Jenis LAN Card beserta Gambarnya
Jenis Jenis LAN Card beserta Gambarnya


5 slot PCI, sekarang slot PCI semakin berkurang meski untuk motherboard tertentu slot PCI hanya memiliki satu slot saja. Alasannya mungkin karena teknologi jaringan kini terintegrasi dengan port jaringan internal.

Mereknya: 3com, Realtake, D-Link, TP-Link, intel, dll.

Baca: Pengertian Motherboard dan Fungsinya

3. USB LAN Card
Tipe ini sebagai solusi terakhir jika Anda kehabisan slot PCI, atau mungkin juga karena Anda ingin sederhana, karena tipe ini bisa dipasang dan dilepas, karena sudah cukup di colokan pada port USB baik depan maupun belakang. jadi temanku bisa pasang ke port USB dan Output RJ45 Port-nya (LAN Port)
Mereknya: Logitech, Fujitsu, D-Link, dll.

4. Kartu LAN PCI Wirelless
Nah kalau yang ini kalau mau jaringannya dibangun tanpa menggunakan kabel media tapi menggunakan media wirelless, maka selain USB Wirelles ini bisa menjadi alternatif. dengan jenis pemasangan ini pada slot PCI namun antena wirelless outputnya.
Mereknya: TP-Link, D-Link, dll.

5. Wirelless Adapter / Wirelless USB
Sementara perangkat alat jaringan yang sama ini juga dihubungkan ke port USB, alat ini sederhana karena dapat dibawa kemana saja dan aksi komputer. Masukannya adalah USB dan outputnya adalah Wirelless jadi jika di daerah sekitar sana wirelless maka ini bisa jadi wirreles Client-nya. Teknologi jaringannya terbagi menjadi tiga wirelless B, G dan N.

Wirelles B yang beroperasi berdasarkan standar 802.11b yang bekerja dengan kecepatan maksimum 11 Mbps yaitu pada frekuensi 2,4 GHz, Wirelles G beroperasi pada standar 802.11g yang bekerja dengan kecepatan maksimal 54. Mbps, Wirelles N beroperasi berdasarkan standar 802.11n yang bekerja dengan kecepatan maksimal 11 Mbps.

Mereknya: LinkSys, TP-Link, dll.

6. CardBus / PCMCIA
yang digunakan di slot Cardbus atau PCMCIA untuk notebook. Kartu jaringan ini lebih banyak digunakan untuk kartu jaringan nirkabel, meski pada awalnya banyak menghasilkan adapter LAN dengan kecepatan 10 Mbps

7. ExpressCard
Merupakan jenis kartu yang banyak diadopsi oleh notebook akhir-akhir ini yang dimulai pada akhir tahun 2006. Keunggulan utama teknologi ExpressCard dibanding CardBus adalah peningkatan bandwidth.

ExpressCard memiliki koneksi langsung ke bus sistem melalui jalur X1 Express PCI dan USB 2.0. ExpressCard memiliki kapasitas output bandwidth maksimal hingga 2,5 Gbps via PCI Express dan output dari USB 2.0 sampai 480 Mbps.

Begitu banyak teman, peralatan di atas nomor satu sampai 4 dapat digunakan pada PC Personal PC (PC) sedangkan nomor 5 bisa digunakan untuk PC dan Notebook / Netbook. dan angka 6 dan 7 hanya digunakan untuk Notebook.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jenis Jenis LAN Card beserta Gambarnya

0 komentar:

Posting Komentar